MASYARAKAT SADAR DAN BERBUDAYA HUKUM


Sunday 25 January 2015

Khasiat lengkuas untuk kesehatan

Lengkuas merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mudah dijumpai di indonesia. Dalam kajian ilmiah, lengkuas dikenal dengan nama latin Alpina galanga. Jika didasarkan pada ciri khas fisiknya, lengkuas hampir serupa dengan jahe dan kunyit. Meski demikian kita bisa dengan mudah membedakannya dengan cara menghirup baunya. Lengkuas ini tumbuh subur didaerah tropis seperti indonesia So tidak heran jika ibu-ibu suka menanamnya dibelakang rumah. Selain sebagai bumbu masak, ternyata manfaat lengkuas untuk manusia juga cukup beragam.
Lengkuas atau laos (alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa tumbuh didaerah daratan tinggi maupun didaerah daratan rendah umumnya msayrakat menggunakan sebgai campuran buah masak dan engobatan tradisional.
Memanfaatkan lengkuas untuk masakan dengan cara memamarkan rimpang dan dicelupkan begitu saja kedalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah alpinia purpurata k schun.
Adapun khasiat dan manfaat lengkuas bagi kesehatan antara lain :

Mengobati Tumor
Lengkuas mampu mencegah dan mengobati tumor. Senyawa transkoniferil disasetat didalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor.

Meredakan Radang
Lengkuas bersifat anti-inflamasi, dengan demikian ia ampuh meredakan radang.
Sakit Perut
Meredakan ketidakknyamanan dalam perut karena banyak mengkonsumsi makanan berminyak dan keras, maka lengkuas bisa meredakan gejala kurang nyaman yang diakibatkan luka yang terdapat di dalam perut.
Meredakan mabuk laut
 jika anda mabuk laut, kunyahlah lengkuas dan permasalahan anda tersebut akan teratasi.
dengan menggunakan lengkuas di dalam masakan anda, secaratidak langsung anda telah mengkonsumsi obat alami melancarkan peredaran darah serta menangkal radikal bebas dari alam.

Diare
Cukup dengan beberapa kunyahan lengkuas, diare akan hilang dalam beberapa waktu.

Meningkatkan nafsu makan
memang salah satu manfaat lengkuas membantu meransang nafsu makan. jadi jika anak atau anggota keluarga anda lainnya mengalami kondisi kurang nafsu makan, tak ada salahnya meracik lengkuas menjadi minuman hangat bagi mereka. (singgalang minggu 25 januari 2015)


0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com